Home / Kabar Desa / Mahasiswa KKN UNSOED Adakan Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Mahasiswa KKN UNSOED Adakan Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Rabu (17/2), Mahasiswa KKN PU mengadakan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan sampah yang bertempat di aula Balai Desa Pandak. Kali ini acara penyuluhan dan pelatihan mendatangkan pembicara dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Banyumas, praktisi pemanfaatan sampah serta ibu-ibu pengelola bank sampah dari desa Sumampir. Acara yang dilaksanakan di pagi hari ini dihadiri oleh kurang lebih 40 orang yang mayoritas berasal dari ibu rumah tangga.

“sampah merupakan hal yang dapat merusak lingkungan, sehingga perlu untuk dipilah dan diolah agar lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari,” kata Bpk. Bambang Muharyono selaku pembicara pada penyuluhan tersebut. Beliau menekankan pada pemilahan sampah rumah tangga, karena beberapa kategori sampah tidak dapat terurai dalam tanah atau bahkan beracun sehingga dapat merusak lingkungan.

Pada sesi selanjutnya, giliran praktisi dan pengelola bank sampah yang memandu jalannya pelatihan pemanfaatan sampah. Ibu-ibu yang hadir pada saat itu sangat antusias dalam membuat anyaman dari bungkus kopi serta membuat bunga dari kain perca. Acara tersebut diharapkan dapat menginspirasi terciptanya Bank Sampah di desa Pandak guna menangani jumlah sampah di lingkungan desa.

About admindesa

Check Also

Juguran desa dalam upaya optimalisasi website desa

Bertempat Di Desa Linggasari Kecamatan Kembaran pada hari Sabtu 30 Januari 2016 telah dilaksanakan acara …

One comment

  1. semoga bermanfaat , tidak sekedar pelatihan, tapi terus ada action, Semangat######

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *