Home / Kegiatan / Mahasiswa KKN PU UNSOED sosialisasikan PHBS di SD Negeri 1 Pandak

Mahasiswa KKN PU UNSOED sosialisasikan PHBS di SD Negeri 1 Pandak

Sabtu (30/1) mahasiswa KKN-PU Unsoed mengadakan penyuluhan di SD N 1 Pandak. Penyuluhan tersebut berisi tentang pengenalan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyuluhan tentang IPAL ditujukan kepada siswa SD kelas 3 sedangkan penyuluhan PHBS diikuti oleh siswa kelas 4 dan 5. Program ini merupakan kerjasama antara Tim KKN-PU Unsoed yaitu bidang kesehatan dan bidang pendidikan dengan SD N 1 Pandak yang bertujuan untuk memberikan materi tentang PHBS dan memberikan materi tentang IPAL dan Septic Tank Komunal.
Dalam penyuluhan PHBS, para siswa diajarkan untuk mengerti 8 upaya membiasakan diri dalam memiliki pola hidup bersih dan sehat serta penjelasan tentang cara menyikat gigi yang benar. Siswa kelas 4 dan 5 yang memenuhi ruangan saat itu sangat antusias dalam menerima materi sehingga penyuluhan berjalan secara lancar dan komunikatif. Kegiatan tersebut ditutup dengan simulasi cara mencuci tangan yang benar.
Sedangkan penyuluhan tentang IPAL menekankan pada pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama di bidang sanitasi lingkungan. Perwakilan mahasiswa dari bidang kesehatan Tim KKN-PU Unsoed yang bertugas dalam penyampaian materi pada saat itu mampu menghidupkan suasana kelas yang diisi sekitar 13 siswa kelas 3, sehingga materi dapat tersampaikan dengan jelas. Penyuluhan ini ditutup dengan menyanyi bersama lagu tentang menjaga kebersihan lingkungan.
Kedua penyuluhan tersebut diadakan atas dasar program kerja mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata yang bekerjasama dengan dinas Pekerjaan Umum untuk memberikan pemahaman dasar kepada siswa di Sekolah Dasar akan pentingnya menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan yang ada di Desa Pandak. Harapannya dimulai dari Sekolah Dasar, siswa-siswa tersebut mampu menularkan pengalamannya dalam penyuluhan ini, sehingga dapat menciptakan Desa Pandak yang rapi dan bersih dalam bidang Sanitasi.

About admindesa

3 comments

  1. Apik kue Kang, ngesuk gari kon pada nandur wit matoa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *